Bekasi – Peduli dengan kemandirian ekonomi pemuda, PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar program Youthpreneurship yang diikuti  pemuda putus sekolah  yang tinggal di lingkungan sekitar pabrik AHM Cikarang, Kabupaten Bekasi. Program ini membekali pengetahuan dan modal kerja sehingga mereka bisa langsung praktik berwirausaha.

Sebagai  bagian  dari  upaya  melakukan  pemberdayaan  ekonomi  masyarakat  di  sekitar perusahaan,  AHM  kali  ini  memilih  memberikan  pelatihan  kewirausahaan  jasa  perbaikan pendingin ruangan atau air conditioner (AC). Kegiatan ini dimulai akhir tahun lalu dengan memilih pemuda yang tidak sempat mengenyam bangku kuliah di Cikarang, Bekasi. Setelah melakukan proses seleksi dengan memperhatikan potensi dan minat, sebanyak70 pemuda putus sekolah berusia 18-21 tahun terpilih untuk mengikuti program youthpreneurship ini. AHM memberikan mereka paket latihan yang komprehensif mulai pelatihan pembentukan karakter, mental kewirausahaan, hinga keterampilan memperbaiki AC.

Setelah melalui proses pendidikan dan pelatihan, AHM melakukan seleksi untuk mendapatkan peserta terbaik. Terpilih 11 peserta terbaik yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok unit usaha kecil (UKM) yaitu UKM Jatiwangi Jaya Service yang berlokasi di Kampung Babakan Desa Jatiwangi dan UKM Asa Teknik Mandiri yang berlokasi di Cibitung. Secara simbolis, penyerahan bantuan peralatan kerja perbaikan AC kepada kedua kelompok UKM ini dilakukan di Gedung AMB di Desa Jatiwangi, Cikarang Barat (30/1).

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan perusahaan memiliki  perhatian  yang  besar  terhadap  kemandirian  ekonomi  masyarakat  terutama  yang tinggal di sekitar perusahaan. Dengan kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat (income generate activity) bertajuk Mitra Satu Hati, AHM berupaya berupaya memberikan kesempatan kepada pemuda yang belum sempat kuliah untuk dapat berwirausaha melalui program Youthpreneurship.

“Kami memilih wirausaha jasa layananAC karena kami lihat potensi dan peluang usahanya yang besar mengingat banyaknya kawasan industri di sekitar Cikarang-Bekasi. Kami berharap paket pelatihan youthpreneurship ini menginspirasi pemuda di daerah ini agar dapat mengembangkan wirausaha dan membuat mereka lebih mandiri secara ekonomi,” ujarnya.

Dalam momen penyerahan bantuan alat perbaikan AC ini, juga digelar talkshow kewirausahaan dengan pembicara Hisyam Sulaeman (Anggota Bakrie Foundation dan Pendiri Yayasan Asa Mandiri Bangsa) dan Yudi Yozardi (CSR Manager AHM). Talkshow ini juga mengundang perwakilan industri dan pengelola Kawasan Industri MM2100, Kementrian Tenaga Kerja, dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi ini sehingga diharapkan dapat semakin membuka wawasan peserta pelatihan tentang wirausaha dan pengembangan networkingnya.